Daftar Contekan Kitab-Kitab Yang Dipakai Muhammad untuk Membuat Al Qur’an – Bag 2

Posted on

Sumber2 Dongeng Arab yang dipakai Muhammad (G.G. Pfander, Balance of Truth, pp. 283). 
1. Kisah unta betina yang jadi nabi telah lama dikenal sebelum Muhammad mengumumkan dirinya sebagai nabi (Suras 7:73-77,85; 91:14; 54:29). 

2. Kisah seluruh masyarakat desa dirubah jadi kera karena melanggar peraturan hari Sabbath dengan memancing ikan merupakan legenda popular di jaman Muhammad (Suras 2:65; 7:163-166). 

3. Kisah 12 mata air memancar di Sura 2:60 merupakan legenda Arab pra Islam. 

4. Kisah Ashaabul Kahfi di mana tujuh orang dan binatang2 peliharaannya tidur selama 309 tahun dalam gua dan lalu bangun segar bugar (Sura 18:9-26) diambil dari dongeng masyarakat Kristen Syria kuno tentang “Tujuh Orang Efesus yang Tertidur” (“Seven Sleepers of Ephesus”) atau bahkan di dunia Barat dikenal juga kisah yang sama berjudul “Rip Van Winkle”. 

5. Kisah empat ekor burung dicincang dan kemudian hidup lagi (Sura 2:260) telah banyak dikenal masyarakat Arab di jaman Muhammad. 

6. Sudah jelas Muhammad menggunakan karya sastra Saba Moallaqat oleh Imra’ul Cays untuk mengarang Suras 21:96; 29:31,46; 37:59; 54:1, dan 93:1. 

 

Sumber2 kisah, dongeng, kitab suci Yahudi yang dipakai Muhammad : 

Seperti yang sudah saya jelaskan di posting2 sebelumnya, banyak kisah dalam Qur’an yang diambil dari buku tradisi dan budaya Yahudi Talmud, Midrash, dan kitab suci Yudaisme Taurat dan kitab2 Perjanjian Lama.
Hal ini juga diterangkan oleh Abraham Geiger (1833), dan lalu dibukukan oleh ilmuwan Yahudi bernama Dr. Abraham Katsh, diterbitkan oleh New York University, tahun 1954. (The Concise Dictionary of Islam, p. 229; Jomier, The Bible and the Quran — Henry Regency Co., Chicago, 1959, 59ff; Sell, Studies, pp. 163ff.; Guillaume, Islam, p. 13.

1. Sumber Sura 3:35-37 adalah buku berjudul The Protevangelion’s James the Lesser. Buku apokripa dongeng Kristen Koptik ini ditulis di abad ke 2 M. Dalam buku ini tertulis kisah tentang Zachariah, istrinya, dan Yohannes Pembaptis. 

2. Sumber Sura 87:19 adalah Taurat Kitab Kejadian tentang Abraham dan Musa. 

3. Sumber Sura 27:17-44 adalah Kitab Kedua Targum Esther. 

4. Kisah fantasi Tuhan membuat orang mati selama seratus tahun dan menghidupkannya kembali (Sura 2:259) berasal dari dongeng masyarakat Yahudi. 

5. Kisah Musa dibangkitkan kembali (Sura 2:55, 56, 67) berasal dari kitab Talmud Yahudi. 

6. Kisah dalam Sura 5:30,31 berasal dari karya2 tulisan bangsa Yahudi pra-Islam seperti Pirke Rabbi Eleazer, Targum Yonathan ben Uzziah dan Targum Yerusalem. 

7. Kisah Abraham yang diselamatkan dari api Nimrod (see Suras 21:51-71; 29:16, 17; 37:97,98 ) diambil dari Midrash Rabbah. Perlu diingat bahwa Abraham dan Nimrod tidak hidup dalam jaman yang sama; Nimrod hidup beberapa abad lebih dahulu daripada Abraham. 
Muhammad seringkali menyatukan kisah2 para tokoh yang hidup di waktu yang berlainan. 

8. Kisah kunjungan Ratu Saba (Sheba) di Sura 27:20-44 diambil dari kitab Kedua Targum Esther. 

9. Sumber Sura 2:102 sudah pasti Midrash Yalkut bagian 44. 

10. Kisah dalam Sura 7:171 di mana Tuhan mengangkat Gunung Sinai ke atas kepala bani Yahudi sebagai ancaman untuk menggencet mereka jika menolak hukum Tuham sudah pasti diambil dari kitab Yahudi Abodah Sarah. 

11. Kisah pembuatan anak lembu emas di padang gurun (Suras 7:148; 20:88 ) diambil dari Pirke Rabbi Eleazer. 

12. Tujuh neraka dan tujuh surga dalam Qur’an diambil dari kitab Yahudi Zohar Kabalah dan Mishnah Hagigah. 

13. Muhammad mengambil ide dari “kitab Perjanjian Abraham” tentang hari akhir untuk mengisahkan timbangan yang digunakan di Hari Kiamat untuk menimbang perbuatan jahat dan baik untuk menentukan siapa yang akan masuk surga dan neraka (Suras 42:17; 101:6-9). 

Sumber Injil Gnostik yang dipakai Muhammad : 

Dongeng2 dari Injil Gnostik (yang tidak diakui umat Kristen karena dianggap takhayul atau heretik) yang lalu digunakan dalam Qur’an. Encyclopedia Britannica berkomentar: “Injil yang digunakan Muhammad terutama diambil dari sumber2 apokripa dan heretik” (15:648 ).
Pendapat yang sama juga diungkapkan oleh berbagai ahli sejarah dan budaya seperti Richard Bell, Introduction to the Quran, pp. 163ff. Juga lihat: Bell, The Origin of Islam in Its Christian Environment, pp. 110ff, 139ff; Sell, Studies, pp. 216ff. See also Tisdall and Pfander).

Contohnya, dalam Sura 3:49, bayi Yesus bisa bicara dari tempat tidurnya, membuat burung dari tanah liat dan lalu menghidupkannya. Ini semua diambil dari buku Koptik Kristen Injil Thomas. Kisah2 ini bertentangan dengan Injil yang diakui kaum Kristen (Mathius, Markus, Lukas, Yahya) yang menyatakan bahwa muzizat pertama yang dilakukan Yesus adalah “merubah air jadi anggur di Kanaan” (Yohanes 2:11). 

Sumber agama Sabean yang dipakai Muhammad : 
Muhammad mengambil sebagian upacara agama Sabean ke dalam Islam (Encyclopedia off Islam (ed. Eliade), pp. 303ff.; International Standard Bible Encyclopedia, pp. 1:219ff.).

Upacara2 pagan yang dimasukkan Muhammad ke dalam Islam antara lain adalah: 

1. Menyembah Ka’abah 

2. Sembahyang lima waktu menghadap Mekah. Muhammad mengambil jumlah sembahyang lima kali dari agama Sabean dan Zoroastria. 

3. Puasa “setengah hari” selama sebulan penuh. Berbeda sekali dengan Puasa yang Yesus, Allah Juruselamat lakukan 40 hari siang dan malam. 

Matius 4 : 
1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. 
2 Dan setelah berpuasa “empat puluh hari dan empat puluh malam”, akhirnya laparlah Yesus. 
3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.” 
4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” 

 
Sumber2 agama2 Zoroastria dan Hindu yang dipakai Muhammad :
Muhammad mengambil “gagasan2 supernatural dan dongeng2 dari agama2 Timur” seperti Zoroastria dan Hindu untuk memperkaya agama barunya. Semua yang disebut di bawah ini sudah ada dan beredar di masyarakat Timur Tengah dan Asia lama sekali sebelum Muhammad lahir. (Sell, Studies, pp. 219ff.).

1. Kisah Isra Mi’raj di mana Muhammad menunggangi buraq untuk mengunjungi tujuh lapis surga. 

2. Para “houris” (Pelacur sex) di surga bagi Muslim. 

3. Azazil dan makhluk gaib lainnya yang ke luar dari Neraka (Hades). 

4. Jembatan Sirat (serambut dibelah tujuh). 

5. Surga penuh dengan anggur, wanita, dan lagu. 

6. Raja Neraka.