APAKAH ALLAH YANG DISEMBAH KRISTEN DAN YAHUDI SAMA DENGAN ALLAH DALAM ISLAM..??

Posted on Updated on

Saya disini hanya ingin menegaskan bahwa YHWH sebagai Tuhannya umat Yahudi tidaklah sama dengan Allah SWT sebagai Tuhannya umat Islam.

YHWH sebagai Tuhan
Siapakah YHWH sesembahan umat Yahudi? Dia memperkenalkan diri pertama kali adalah kepada Musa. Marilah kita lihat dalam Keluaran 3:13-15, dikatakan Musa bertanya mengenai nama Tuhan sehingga Musa dapat memperkenalkan nama itu kepada umat-Nya Yahudi.

13 And Moses said unto God, Behold, when I come unto the children of Israel, and shall say unto them, The God of your fathers hath sent me unto you; and they shall say to me, What is his name? what shall I say unto them?

14 And God said unto Moses, I AM THAT I AM: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I AM hath sent me unto you.


Mari kita telaah kata-kata yang dibold diatas, jadi Tuhan telah memperkenalkan dirinya sebagai I AM THAT I AM; “AKU ADALAH AKU “ yang dalam bahasa Ibraninya adalah YHWH. Disini dapat kita lihat Tuhan mau memberitahu umat bahwa :
a. Dia sudah ada dari sebelum permulaan jaman – tiada permulaan dan tidak mempunyai akhir.
b. dari pernyataanNya Jelaslah Dia tidak mempunyai nama.
Ketika seseorang lahir kemudian anak itu diberi nama dengan sebutan Joko oleh ayahnya Tono, maka otomatis nama Joko adalah tanda bahwa ia memiliki permulaan, yaitu kelahiran. Kemudian Tono sang ayah mencantumkan nama Joko dalam akta kelahirannya, tempat/Tanggal lahir dan sebagainya.

Tapi Tuhan tidak punya nama karena Dia tidak memiliki permulaan. Jika Ia punya nama maka pertanyaannya : SIAPAKAH YANG MEMBERI-NYA NAMA?
Kita boleh memanggil-Nya dengan sebutan “Sang Khalik”, atau “Sang Hyang Widi”, atau “Sang Gusti”, atau “Lord”, atau “Tuhan” atau sebutan dengan gelar lainnya, asalkan hati kita tertuju kepada Sang Pencipta.

Allah SWT sebagai Tuhan…??
Dalam konsep Islam, Allah adalah nama diri (ismul ‘alam/proper name) dari Dzat Tuhan.
Maka, seharusnya, lafaz “Allah” dalam Al-Quran tidak diterjemahkan ke dalam sebutan lain, baik diterjemahkan dengan “Tuhan”, “God”, atau “Lord”.

Beberapa terjemahan Al-Quran bahasa Inggris telah menerjemahkan lafaz Allah menjadi God. Misalnya, Abdullah Yusuf Ali – dalam The Holy Qur’an — menerjemahkan “Bismillah” dengan “In the name of God”.

Begitu juga, “Alhamdulillah” diterjemahkan dengan “Praise be to God”, dan “Qul Huwallahu ahad” diterjemahkan dengan “Say: He is God, the One and Only”. Kasus yang sama – penerjemahan nama Allah menjadi God – juga bisa dilihat dalam Terjemah al-Quran bahasa Inggris yang dilakukan oleh J.M.

Rodwell (terbitan J.M. Dent Orion Publishing Group, London, 2002. Terbit pertama oleh Everyman tahun 1909). Harusnya, kata Allah dalam al-Quran tidak diterjemahkan, karena “Allah” adalah nama. Seperti halnya kita tidak boleh menerjemahkan kata “President Bush” dengan “Presiden semak”, atau nama Menlu AS “Rice” dengan “Menteri Nasi”.

Sabili dalam salah satu terbitannya pernah menguraikan bahwa secara etimologis, kata Allah yang terdiri dari huruf alif, lam, lam dan ha’ dengan tasydid sebagai tanda idgham lam pertama pada lam kedua) adalah ghairu musytaq (tidak ada asal katanya dan bukan pecahan dari kata lain). Karena itu, kata ini tidak bisa diubah menjadi bentuk tatsniyah (ganda) dan jama’ (plural).

Jadi menurut Islam nama Tuhan adalah Allah. sedangkan YHWH Bukan Tuhan.
Tapi ada sedikit masalah yaitu dalam quran Islam mengklaim bahwa Tuhan orang Nasrani dan Yahudi sama dengan Tuhan Islam!

Benarkah?

Seperti kita ketahui perkenalan YHWH dengan Musa, membuktikan bahwa Tuhan yang disembah umat Islam sebenarnya bukanlah YHWH sebagaimana Tuhan yang disembah oleh orang Yahudi. dengan kata lain Tuhan orang Islam tidak sama dengan Tuhan orang Yahudi.

Oke, anggaplah asumsi bahwa Allah SWT sama dengan YHWH, kenapa waktu perkenalan Tuhan dengan Musa, dia mengenalkan diri dengan nama YHWH bukan Allah SWT?
Harusnya bunyi kitab keluaran 3 : 14 akan menjadi menjadi : “AKU ADALAH ALLAH SWT” !

Tapi Tuhan tidak memperkenalkan diri dengan nama itu, melainkan : AKU ADALAH AKU (YHWH)”

Dan Dia menegaskan : …itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun (Keluaran 3:15).

Kesimpulan :
1. Tuhan nya orang Islam dengan Yahudi + Kristen adalah berbeda.
2. Allah SWT bukanlah Tuhan yang disembah oleh Musa.

Shalom….